Persamaan tidur dan mati

September 20, 2006 at 9:03 am 1 komentar

Tahukah Anda bahwa antara orang yang tidur dengan orang mati memiliki persamaan?
Mungkin sudah banyak orang yang tahu perbedaan antara orang mati dengan tidur. Orang mati tidak bernafas sedangkan orang tidur bernafas, orang mati jantungnya tidak berdetak sedangkan orang tidur jantungnya masih berdetak, de-el-el.

Namun jarang orang yang tahu persamaan antara orang yang sedang tidur dengan orang mati.
Persamaannya bukan sama-sama orang, dan juga bukan sama-sama merem.
Waktu lagi baca Al-Quran belum lama ini, tiba-tiba gak sengaja membaca suatu ayat Al-Quran yang cukup menarik untuk dibahas, yaitu surat Az-Zumar ayat 42 yang artinya:
“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir”.

Dari sinilah kita yakin 100% bahwa jiwa (red:ruh) manusia yang tengah tidur dipegang oleh Allah SWT, sama seperti orang yang sudah mati. Namun terdapat perbedaan, yaitu orang yang tidur ruhnya akan dilepaskan untuk kembali bersatu dengan raganya. Berarti tidur dan mati hanya berbeda tipis. Hidup dan mati kita sangat dekat. Kita hanya tinggal menunggu keputusan Yang MahaKuasa.

Ketika beranjak tidur, kita tidak tahu apakah esok masih ada hari untuk kita. Apakah esok jiwa ini masih dapat bersatu dengan raga kita. Dan apakah sang Pemilik jiwa dan raga ini masih memberikan kita waktu untuk memperbaiki diri. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk selalu membaca Do’a sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Jangan pernah merasa bosan untuk terus memperbaiki diri dan memperbanyak amal. Karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan mati…

Wallahu’alam bishowab

Entry filed under: Uncategorized.

Met Datang Ramadhan Ternyata Zakat …..

1 Komentar Add your own

  • 1. persamaan  |  Oktober 22, 2013 pukul 3:44 am

    thanks vsob artikelnya menarik sekali

    Balas

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bulan Ini

September 2006
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

RSS Mas Ersis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Planet Ilkomerz 39

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kunjungan

  • 66.097