Ternyata Zakat …..

Oktober 31, 2006 at 3:25 am Tinggalkan komentar

Gak nyangka klo gw ampe lupa bahwa ZAKAT adalah sesuatu yang wajib untuk kita keluarkan dari Harta milik kita. Padahal ini pernah disampaikan oleh guru SD kita waktu beliau nerangin kelima RUKUN ISLAM. “Anak-anak, Rukun Islam itu ada lima. Yang pertama adalah Dua Kalimat Syahadat. Yang Kedua adalah melaksanakan Shalat lima waktu. Yang ketiga adalah menunaikan Zakat. Yang keempat …” (Sambil bayangin Pak Guru lagi nerangin di depan kelas).

Trus, nape gw ampe lupa? Mungkin karena otak gw terlalu sering di re-format jd gampang lupa ;p

Dari RUKUN ISLAM jelas bahwa Zakat adalah kewajiban seorang muslim. Kewajiban berzakat berada pada posisi ketiga, setelah kewajiban melaksanakan shalat, dan sebelum kewajiban Berpuasa dan Berhaji. Jadi ada sesuatu yang salah klo seorang muslim sudah melaksanakan kewajiban berpuasa dan berangkat Haji tetapi belum melaksanakan kewajiban Berzakat. Kewajiban berzakat ALLAH sebutkan dalam Al-Quran Surah At-Taubah ayat 60 yang berbunyi: “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Zakat diwajibkan oleh ALLAH SWT bukan tanpa tujuan. Zakat bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan Harta yang kita miliki. Tujuan dari zakat ini ALLAH jelaskan di dalam Surah At-Taubah ayat 103 yang artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” Yang dimaksud dengan membersihkan adalah zakat membersihkan diri dari kekikiran dan cinta yang berlebihan terhadap harta. Menyucikan berarti zakat menyuburkan sifat-sifat kebaikan dalam hati. Selain kedua tujuan ini, zakat juga bertujuan untuk menentramkan jiwa. Dengan ketiga tujuan ini,mudah-mudahan membuat kita tidak berat untuk berzakat.

Mungkin kita sudah sering menunaikan zakat setiap tahunnya, yaitu zakat Fitrah. Tapi zakat tidak hanya zakat fitrah. Zakat fitrah adalah satu dari beberapa zakat yang ada. Sudahkah kita menunaikan zakat-zakat lainnya? Karena zakat merupakan kewajiban bagi yang telah memenuhi persyaratannya. So … klo ditinggalkan berarti kita Dosa, karena ini adalah kewajiban dari ALLAH. Zakat lebih penting daripada Pajak, walaupun keduanya sama-sama kewajiban kita, tapi yang mewajibkan zakat adalah ALLAH SWT, sedangkan pajak adalah kewajiban pajak dari Pemerintah kita. Jelaaasss … lebih penting zakat donk! Mudah-mudahan kita bisa menjadi warga negara yang selain sadar dan taat pajak, juga sadar dan taat zakat. =)

Karena terlalu banyak untuk dijelaskan dalam satu tulisan, mungkin pembahasan tentang jenis zakat akan dibahas dalam tulisan berikutnya. Untuk teman-teman yang tertarik dengan zakat dan memiliki beberapa pertanyaan seputar zakat, dapat melayangkan e-mail Anda ke sundoro.agung@yahoo.com dengan subject ZAKAT.
Caranya : ketik REG <SPASI> ZAKAT kirim ke 1212 (Kyk yg di TV aja, becanda koq)
InsyaALLAH saya akan coba membantu mencarikan jawabannya. Atau mungkin ada yang tertarik untuk dihitungkan zakat yang wajib dikeluarkan, insyaALLAH saya akan coba membantu.

Zakat itu kewajiban lho!

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Persamaan tidur dan mati Ayah Kelinci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bulan Ini

Oktober 2006
S S R K J S M
« Sep   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

RSS Mas Ersis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Planet Ilkomerz 39

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kunjungan

  • 61,204

%d blogger menyukai ini: