Tahun Baru, Momentum Perubahan Diri

Januari 3, 2008 at 2:14 pm 2 komentar

Menjelang awal tahun baru, tiba-tiba saya teringat akan firman ALLAH SWT di dalam Al-Quran surat Al-Ashr. Karena surat ini menjelaskan tentang betapa berharganya waktu dalam hidup kita. Waktu ada sesuatu yang akan datang kepada kita, dan akan pergi meninggalkan kita. Ketika waktu telah meninggalkan kita, dia takkan pernah dapat kembali lagi. Oleh karena itu, kita perlu untuk memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya.

Dalam surat Al-Ashr ALLAH SWT berfirman:

  1. Demi masa (waktu).
  2. Sungguh, manusia berada dalam kerugian,
  3. Kecuali orang2 yg beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.

Dari ayat2 di atas dapat disimpulkan bahwa:

  1. Waktu adalah karunia yg sangat berharga yg telah diberikan ALLAH kepada kita. Begitu berharganya sampai ALLAH bersumpah menggunakan waktu. Waktu yg diberikan ALLAH kepada kita berupa hidup di dunia ini hanya sementara dan sebentar jika dibandingkan dengan kehidupan di akhirat kelak. Kehidupan dunia ini adalah waktu mengumpulkan perbekalan untuk kehidupan berikutnya. Oleh karena itu, jika waktu hidup kita di dunia ini telah habis, kita takkan dapat mempersiapkan kembali perbekalan akhirat kita. Padahal kita takkan pernah tahu lama waktu kita hidup di dunia ini. Maka gunakanlah waktu hidup kita dengan sebaik-baiknya agar kita tidak termasuk orang yang menyesal di kemudian hari.
  2. Manusia berada dalam kerugian jika tidak memenuhi kriteria-kriteria di atas, yaitu orang beriman, mengerjakan kebajikan (amal shalih), saling menasehati untuk kebenaran, dan saling menasehati untuk kesabaran. Jika salah satu kriteria ini tidak terpenuhi, maka kita akan tergolong orang-orang yg merugi. Syarat pertama adalah orang yang beriman. Setelah memiliki keimanan, orang tersebut harus dapat mengimplementasikan imannya ke dalam bentuk amal shalih. Karena keimanan tanpa diikuti amal shalih merupakan sesuatu yang percuma. Tidak cukup sampai disitu, kedua hal tersebut yang bertujuan untuk dirinya sendiri harus diikuti dengan tindakan yang berguna bagi orang lain, yaitu amar ma’ruf nahi munkar (menyeru kepada kebaikan dan melarang dari kemunkaran). Amar ma’ruf nahi munkar dalam surat Al-Ashr dijelaskan sebagai ‘saling menasehati untuk kebenaran’. Setelah manusia mampu untuk saling menasehati untuk kebenaran, manusia pun dituntut untuk saling menasehati untuk kesabaran. Mengapa? Karena untuk menjaga dan mempertahankan sebuah kebenaran akan mendatangkan banyak ujian dan godaan yang membuat manusia menjadi lemah, dan pada akhirnya kebenaran itu akan lepas. Sehingga penting untuk saling menasehati untuk kesabaran.

Tahun baru merupakan momen yang paling tepat untuk bermuhasabah (introspeksi diri). Umur kita telah berkurang 1 tahun dari momen tahun baru sebelumnya. Kita perlu evaluasi diri, apakah kita sudah termasuk manusia yang memenuhi kriteria seperti yang disebutkan dalam surat Al-Ashr. Jika belum, maka kita termasuk manusia yang berada dalam kerugian. Oleh karena itu, gunakan momentum tahun baru ini untuk bermuhasabah agar kita tidak termasuk golongan manusia yang merugi.

Entry filed under: Catatanku. Tags: , .

Siapakah dia? Omprengan, Pahlawan yang Dilarang

2 Komentar Add your own

  • 1. syafriadi  |  Januari 4, 2008 pukul 3:01 am

    yah…
    waktu emg berharga bos..
    tp kok telat datengnya?

    Balas
  • 2. ical XI  |  Januari 31, 2008 pukul 4:32 am

    Berubah ? Po wani Sampeyan ?

    Ultramen sama supermen kalo berubah mesti senam dulu , kalo botu cakil ketwa tawa dulu .

    Ada yang butuh dirinya itu juga sulit , paling – paling nangis dulu baru berubah .

    Jangan sampe seperti WC( wong cre ziy ) dah nangis ,ketawa tawa sambil senam tetep aja …………………………

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bulan Ini

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Mas Ersis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Planet Ilkomerz 39

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kunjungan

  • 61,204

%d blogger menyukai ini: