Sehat harus pintar?

November 5, 2007 at 7:09 am 4 komentar

Iklan yg baru saya lihat semalam benar-benar “ndagel”. Iklan ini membuat saya tertawa terpingkal-pingkal karena kelucuan yg ditampilkan para tokoh dalam iklan tersebut. Kelucuannya dapat ditangkap dari isi dialog dua tokoh dalam iklan tersebut. Inti dari iklan tersebut adalah menyerang produk pesaingnya.

Iklan ini memperkenalkan produk mereka berupa jamu untuk mengobati masuk angin. Karena selama ini sudah tertanam brain-image dalam masyarakat kita, klo masuk angin minum jamu tolak angin tertentu. Masyarakat kita pun sudah hafal dengan slogan “Klo masuk angin, minum tolak angin. Orang pintar minum tolak angin”. Slogan itu melekat untuk produk jamu tolak angin Sido Muncul. Nah, untuk merubah image tersebut, mereka menyerang produk tolak angin Sido Muncul tersebut dengan mempermainkan kata-kata “Orang pintar minum tolak angin”.

Kira-kira petikan dialognya seperti di bawah ini:

Pembeli : Pak, ada obat masuk angin?
Penjual : Mmmm….Anda pengendara motor?
Pembeli : Ya!
Penjual : Berapa jumlah baut di motor?
Pembeli : ………… *garuk-garuk kepala*
Penjual : Siapakah penemu kaca spion?
Pembeli : #@$@$@!!!#@*%$…………….
Prolog : Mau sehat koq harus pintar

Kurang lebih dialognya seperti itu. Klo salah mohon dimaafkan, maklum baru sekali nonton iklannya. Tapi meski baru sekali, iklan tersebut berkesan banget.

Memang persaingan dunia iklan saat ini sudah sangat keras. Masing-masing produsen tidak hanya memaparkan keunggulan-keunggulannya, tapi juga menjatuhkan para pesaingnya. Bukan kali ini saja saya melihat iklan seperti ini. Iklan seperti ini, disamping kelucuannya ada sesuatu yang negatif, yaitu sikap untuk menjatuhkan lawan-lawannya. Jadi tujuannya bukan agar produknya dipilih karena keunggulannya, tapi karena kejelekan-kejelekan pada produk pesaingnya. Apakah menurut anda ini wajar?

Entry filed under: Catatanku. Tags: , .

PKS siap head-to-head Panggil Aku KELIK

4 Komentar Add your own

  • 1. mutia  |  November 5, 2007 pukul 8:56 am

    belom liat tv Lik. blm tau ky apa? Ntar deh di liat lagi tv nya masih ada apa gak yah?😀

    Balas
  • 2. Edo  |  November 5, 2007 pukul 9:11 am

    Hal ini sebetulnya sudah tidak sehat. Saya lihat yang paling kencang ejek-ejekannya di operator selular. Lihat saja iklan Indosat yang bilang gak ada yang lebih murah dari Rp.0,- (padahal itu jelas bohong)… Banyak juga contoh sebelumnya yang terjadi di iklan selular.
    Mestinya pemerintah harus menegur sifat kekanak-kanakan seperti ini.

    Balas
  • 3. benbego  |  November 6, 2007 pukul 6:13 am

    sehat harus pintar berarti yg sakit orang bodoh semua ya!😀

    Balas
  • 4. sundoro  |  November 6, 2007 pukul 7:37 am

    @mutia
    makanya liat dulu deh Mut, lucu bgt klo menurut gw.

    @Edo
    Selain iklan ini dan iklan2 tentang sellular, masih ada lagi yg modelnya kek gini. Beberapa iklan Yamaha juga menjelek-jelekan pesaingnya. Salah satunya yg waktu komeng ngebut lewat depan rmh seorang yg baru beli “Motor Pertama”nya, langsung seketika motor itu RONTOK. Liat dari kata2 “Motor Pertama”, sudah identik dengan Honda Supra Fit. Wahaha….beneran perang iklan nih.

    Tapi kesiyan klo pemerintah disuruh ngurusin ini juga. Ngurusin ekonomi Indonesia aja masih blm berhasil, apalagi ditambah kerjaan urus hal beginian.😀

    @benbego
    kebalik mas, yang bener bukan:
    “yg sakit orang bodoh semua”
    tapi:
    “orang bodoh gak boleh sehat”
    😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bulan Ini

November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

RSS Mas Ersis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Planet Ilkomerz 39

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kunjungan

  • 61,204

%d blogger menyukai ini: