New Line Character in SQL

Oktober 2, 2007 at 5:34 am 14 komentar

Tahukah Anda New Line Character atau lebih kita kenal dengan karakter ‘ENTER’ pada SQL Programming tersusun dari dua karakter? Yang jelas saya baru tahu. Setelah mencari-cari di Microsoft SQL Server 2005 – Microsoft Document Explorer (lokal komputer saya) dan belum menemukan hasil, pencarian saya lanjutkan ke dunia maya (red: internet).

Mulailah saya bertanya kepada Mbah Google, jagonya cari sesuatu di internet. Dah lupa gimana proses berpikir di kepala ini tiba-tiba dapet kata kunci “New Line Character in SQL“. Dari kata kunci tersebut saya mendapatkan link yang dapat membantu saya. Link tersebut adalah Michael Freidgeim’s Blog. Situs tersebut tidak menjelaskan tentang New Line Character di SQL, tapi menjelaskan tentang cara menghapus karakter tersebut dari database dengan menggunakan function REPLACE.

Dari situs tersebut akhirnya saya tahu bahwa New Line Character adalah kombinasi dari CHAR(13) + CHAR(10). Sehingga jika akan digunakan seperti berikut ini:

INSERT INTO TABLE_COMPANY (COMPANY_NAME, COMPANY_ADDRESS)
VALUES (‘PT OKE BANGET,Tbk.’, ‘Gedung ALFA’ + CHAR(13) + CHAR(10) + ‘Jl. BETA 3’ + CHAR(13) + CHAR(10) + ‘Kota GAMMA’)

Maka ketika field COMPANY_ADDRESS dari PT OKE BANGET akan ditampilkan dalam report hasilnya akan seperti dibawah ini:

Gedung ALFA
Jl. BETA 3
Kota GAMMA

Jika kita lihat secara langsung pada field tersebut di database tidak akan terlihat adanya New Line Character, tapi sebenarnya ada. Dan bisa kita lihat ketika ditampilkan dalam bentuk report.

Selamat mencoba….

Entry filed under: Berbagi. Tags: .

Jalan Tol = Jalan Bebas Hambatan Dunia yang Serba Terbalik

14 Komentar Add your own

  • 1. vivie  |  Oktober 2, 2007 pukul 7:41 am

    Wah ketauan nih Ndoro suka tidur pas kuliah. Rasanya itu udah sering dijelasin.. Atau pas bikin tugas gitu suka nemu.😛

    Balas
  • 2. sundoro  |  Oktober 2, 2007 pukul 7:50 am

    Wah Vivie buka kartu aja nih, jd ketauan sering tidur di kelas.

    Mang pernah diajarin ya? Tp banyak juga yang belum tau atau dah lupa tentang ini.

    Jd gpp donk nulis tentang ini?😀

    Balas
  • 3. si adi (bukan si entong)  |  Oktober 3, 2007 pukul 3:44 am

    nah gitu dong….
    masa gitu aje gw mesti nunggu sebulan diberesinnya😛

    Balas
  • 4. sundoro  |  Oktober 3, 2007 pukul 7:03 am

    @si adi
    Sori Boz….soalnya baru ketemu😀

    Balas
  • 5. Rendra  |  Oktober 3, 2007 pukul 2:50 pm

    Gubrakk!!!

    Kemana aja lo rong🙂

    Jadi selama ini lo kira karakternya ada berapa dan karakter apa?

    Balas
  • 6. sundoro  |  Oktober 4, 2007 pukul 3:03 am

    Ya elah Bocah ampe Gubrak gtu…..

    Namanya juga masih katrok n’ Ndeso Cah😀

    Gw pikir cuma satu karakter…..eh ternyata dua.
    Maafkan saya…..maafkan saya…….

    Balas
  • 7. Rendra  |  Oktober 4, 2007 pukul 6:58 pm

    Hmmm, bukan begitu rong.. sebenernya gak salah juga beranggapan newline itu satu karakter. karena emang tiap platform beda2.

    Coba baca ini rong:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Newline

    Balas
  • 8. Rendra  |  Oktober 4, 2007 pukul 7:02 pm

    Oh iya ada tambahan juga kalo lo ada waktu.

    Pelajari aja jenis2 karakter encoding, Unicode, utf-8, utf-16 dst..

    http://en.wikipedia.org/wiki/Unicode

    Balas
  • 9. sundoro  |  Oktober 5, 2007 pukul 3:37 am

    Nah itu Cah…..soalnya beberapa Programming Language yang pernah gw pake biasanya tuk NewLine Character cuma butuh satu Character aja. Tp SQL beda……so, gw baru tau tuh.

    Oke Cah, Thanks penjelasan dan referensinya…..😀

    Balas
  • 10. thomaszae  |  Oktober 25, 2007 pukul 9:17 am

    masa 1 karakter ndro? sebenernya VB juga pake 2 karakter lho
    vbcrlf contohnya, itu kan kepanjangan dari vb carriage return line feed, dan carriage return itu char(13) dan line feed itu char(10)

    kalo di run di linux, itu keliatan char(13) ama char(10), kotak” gitu (kalo ga salah :p) and buat new line itu, emang harus sepasang nro, char(13) ama char(10)

    Balas
  • 11. sundoro  |  Oktober 25, 2007 pukul 10:51 am

    @thomaszae
    bener zae, seinget gw pernah gw pake karakter newline cuma butuh satu karakter

    tau deh….apa gw yg salah inget😛

    Balas
  • 12. ndharu  |  Oktober 31, 2007 pukul 8:45 am

    bro…gw baru tau ini, tapi sekarang gimana caranya nampilin data di listview agar character kotak² tersebut tidak terlihat? didatabase nih udah ada character kotak² itu, thx b4

    Balas
  • 13. sundoro  |  Oktober 31, 2007 pukul 12:28 pm

    @ndharu
    Tinggal ditampilin aja di report, otomatis dah keliatan. Di tabel saya tidak terlihat karakter kotak, cuma seperti karakter spasi saja. Tp klo dah dipakai di report terlihat ada karakter newline-nya.

    Balas
  • 14. noob  |  April 6, 2009 pukul 10:05 am

    Kakak,

    Gimana caranya masukkin karakter newline langsung di tabel ketika kita sedang dalam “edit rows” mode.

    Terima kasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bulan Ini

Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS Mas Ersis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Planet Ilkomerz 39

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kunjungan

  • 61,204

