Sekilas Roti Buaya Darat

September 6, 2007 at 2:00 am 11 komentar

Ini roti apa buaya? Klo roti koq repot2 dibikin bentuk buaya? Kenapa bentuk yg dipilih adalah buaya? Inilah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul ketika kita belum tahu tentang roti buaya. Saya juga termasuk baru mengenalnya, karena kakak saya menikah dengan wanita yang berasal dari suku Betawi. Sudah merupakan suatu syarat dalam adat Betawi, ketika pernikahan rombongan keluarga calon mempelai pria harus membawa sepasang roti buaya. Apa karena tabiat manusia seperti buaya?

Roti Buaya

Sepasang roti buaya ukuran 1 meter dihargai sekitar 300 ribu. Wiihhhh mahal sekali roti seharga itu,tapi memang mahal karena ukurannya yg besar dan bentuknya yang agak rumit. Mungkin jika membuat sendiri biayanya akan lebih mahal dan bentuknya tidak karuan😀. Selain mahal, roti buaya pun tidak mudah didapatkan, harus memesan terlebih dahulu pada toko-toko kue tertentu.

Setelah dicoba….ternyata rasanya sama saja dengan roti-roti non buaya lainnya. Rasa roti. Tidak ada rasa buayanya sedikit pun. Hanya saja bentuknya saja yang khas, dan simbolnya tersebut. Namun sampai saat ini saya belum terpikirkan kenapa simbol yang dipakai adalah buaya. Padahal banyak simbol-simbol lain yang lebih lucu, manis, dan layak dijadikan simbol pernikahan. Yang saya takutkan malah kedua mempelai memiliki tabiat seperti buaya. Jangan sampe deh…Naudzubillah min dzalik!!!

Entry filed under: Catatanku. Tags: .

Benarkah Perokok = Kafir? PETASAN, PENYAMBUTAN ATAU PENGUSIRAN

11 Komentar Add your own

  • 1. dindut  |  September 6, 2007 pukul 3:58 am

    geli juga yah kalo makannya.. teringat buaya.. hehehe

    Balas
  • 2. sundoro  |  September 10, 2007 pukul 5:44 am

    Makannya kan gak sambil dikelitikin. Koq geli?

    Lumayan enak koq…..isi coklat😀

    Balas
  • 3. marteens  |  Maret 4, 2008 pukul 10:30 am

    kalo ga salah nich,,,katanya sich kenapa pake roti bentuk buaya soalnya buaya itu nikahnya cuman sekali,,,gitu,,,hehheh btw gw ska bgt tuh ama roti buaya

    Balas
  • 4. dindut  |  Maret 4, 2008 pukul 4:47 pm

    gelia ajah😀

    Balas
  • 5. mudah  |  April 2, 2008 pukul 5:44 am

    Enak juga cih klo lagi laper and buat tmen nyahi di sore hari.
    Kata orang dulu: ” buaya itu tipe binatang yang setiaaaaaaaaaaa ni ye………dan tidak gampang berpaling dari cintanya. gitu lho
    Harganya bo lumayan buwanget buat beli susu anak. he he he

    Balas
  • 6. huzai-v  |  Januari 8, 2009 pukul 8:39 am

    setau gw y itu betul kata ‘marteens’…buaya itu ternyata setia sama pasangannya, nikah [tepatnya kawin kali ye…🙂 ] cuma sama satu pasangan…dan klo g salah sih secara keilmuan juga gitu…

    nah kalo manusia yang g bener (playboy) makanya disebut buaya darat, alias kebalikan buaya yang asli yang meskipun hidup di dua alam tapi lebih seneng di air.

    maav klo salah [kaburrrrrrr…]

    Balas
  • 7. nurms  |  Februari 20, 2009 pukul 8:23 am

    kenapa harus dikaitkan dengan buaya darat????

    Balas
  • 8. Bidin  |  Juni 1, 2009 pukul 3:52 am

    Kalo Buaya Darat lain ame buaya air
    Kalo buaya air setianya bener-bener setia
    kalo buaya Darat SeTiAnya ( Selingkuh Tanpa Akhir)………..

    Balas
  • 9. Bidin  |  Juni 1, 2009 pukul 4:03 am

    Kalo Buaya Darat lain ame buaya air
    Kalo buaya air setianya bener-bener setia
    kalo buaya Darat SeTiAnya ( Selingkuh Tiada Akhir)………..

    Balas
  • 10. rio  |  November 5, 2009 pukul 5:20 pm

    wah mas… buaya itu hewan yg cuma punya satu pasangan seumur idup, dulu di kali-kali di jakarta banyak buayanya, dan rakyat betawi melihat perilaku buaya hingga akhirnya menjadi simbol budaya….

    buaya darat? itu istilah yg benar2 salah kaprah kalo ngeliat alasan diatas, mungkin karena maia ahmad dan orang melihat buaya yg senang berburu diam-diam jadi tercipta ungkapan buaya darat..

    Balas
  • 11. hana  |  Juni 25, 2010 pukul 2:37 pm

    duh itu budaya kaleee… jgn dipandah sebelh mata.. gmna kalau budaya anda2 diperbincangkan sperti itu… saling menghargai itu salah satu kunci kebersamaan dan kerukunan… klo yang belum tau jangan sok tau… klo yang dah tau berikan penjelasan… hingga gk salah kaprah…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Bulan Ini

September 2007
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

RSS Mas Ersis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Planet Ilkomerz 39

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kunjungan

  • 61,204

%d blogger menyukai ini: